Riausastra.com – Anak adalah secercah harapan di masa depan. Tangan mereka menggenggam kunci peradaban di waktu mendatang. Sehingga kita sepakat mengungkapkan bahwa anak-anak hari ini adalah investasi paling berharga dalam memimpin hari esok.

Tentu saja kita tidak pernah ingin kehilangan harapan, kehilangan kunci peradaban, bahkan kehilangan pemimpin terbaik di masa yang akan datang. Sebagai wujud kepedulian yang besar terhadap generasi dari waktu ke waktu, Magister Ilmu Sastra Universitas Andalas bekerja sama dengan UIN Alauddin Makassar dan IAIN Puwokerto, mengambil peran menjadi pelopor dalam merangkul seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta bersama-sama, menjaga perkembangan mental anak dengan membangkitkan kembali sastra Islam.

Seperti yang telah disampaikan oleh para narasumber dalam Webinar Nasional-2 bahwa menghidupkan sastra Islam melalui lirik lagu pengantar tidur, melalui pembacaan cerita, bahkan melalui sarana-sarana yang bisa meningkatkan minat sastra anak akan menjadi cara ampuh untuk merawat perkembangan mental anak. Oleh sebab itu, peran orang tua, khususnya peran seorang ibu sangat besar dalam upaya mengembangkan sastra Islam di tengah-tengah keluarga.

Webinar Nasional-2 ini telah terlakasana pada Hari Senin, 20 Agustus 2020 pukul 14.00 s.d. 16.00 WIB melalui aplikasi zoom meeting. Jumlah pendaftar yang melakukan registrasi sebanyak 442 peserta dan partisipan sebanyak 204 peserta yang bergabung melalui ruang zoom meeting, serta peserta lainnya bergabung melalui facebook live.

Acara terlaksana dengan lancar berkat kerja sama seluruh elemen yang terkait di dalamnya. Adapun pengisi acara sebagai berikut:

Pemberi sambutan: Dr. Hassanuddin, M.Si., Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas

Moderator: Dr. Drs. Khairil Anwar, M.Si., Kaprodi Magister Ilmu Sastra FIB Universitas Andalas,

Narasumber 1: Dr. Rosmah Tami, S.Ag., M.Sc., M.A., Dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar, dengan materi:

Narasumber 2: Dr. Heru Kurniawan, M.A., Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto, dengan materi:

Narasumber 3: Dr. Zurmailis, M.A., Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, dengan materi:

Kesuksesan acara ini tidak luput dari peran panitia dan peserta yang ikut berpartisipasi.

Rekaman acara Webinar Nasional-2 Peran Sastra Islam dalam Pembentukan Karakter Anak dapat dilihat pada link berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here